GIGI.. LOE….ATREEEEE..ETT..!!! (Part 2b_End)

Posted: September 14, 2011 in health & medical

” Tarif Dokter Gigi dan Perawatan Orthodonti – patient’s  point of view.”

Pergeseran tren kawat gigi dari tujuan semula kesehatan kemudian estetika dan sekarang jg buat fashion menjadikan bisnis  jualan asesoris gigi menjamur di forum-forum.  Nah ini nih yg In My Sotoy Opinion, saya liat kok rawan bgt malpraktek.  Malpraktek dokter abal2 maupun self-malpraktek konsumen sok tau yg coba jd dokter bwt dirinya sendiri.  Sekarang ini banyak yang nawarin jasa pasang kawat gigi di pinggir jalan. Yang entah sebenernya mereka dokter gigi ato bukan.  Korbannya ya ababil yg pengen gaya2an tok ato mirisnya orang yang emang bener2 gak tau. Mungkin  saya bisa nih alih profesi.  Dengan bermodal ratusan ribu rupiah dan sedikit pulsa buat ngenet nonton tutorial di youtube kali aja bisa yak masangin punya orang..lmyan bwt side job…PLAA..AA..AKK…hahaha..maruk!!!

Jadi sebenernya siapa sih yg punya kompetensi untuk pasang kawat gigi fix?? Bicara tentang kompetensi biasanya dikaitkan dengan sertifikasi atau lisensi.  Karena lisensi/sertifikasi pada dasarnya merupakan jaminan kualitas dan kredibilitas atas suatu profesi tertentu.  Ini berlaku untuk semua profesi.  Contoh profesi yg lain misalnya auditor.  Seorang auditor yg jago banget krn mungkin punya banyak pengalaman kasus, mungkin tahu pasti kalau spesifikasi atau nilai suatu alat/proyek/komposisi suatu bahan tertentu tdk sesuai dgn kriteria.  Namun krn adanya batasan dimana dia harus professional memisahkan profesi dia sbg auditor dgn pendapat pribadi atas dasar pengalaman saja serta dilain pihak ada organisasi atau sekelompok orang/tenaga ahli yg memiliki lisensi dan lebih kompeten karena memang keahliannya di bidang itu, maka apa yg jd pendapat auditor tdk akan punya kekuatan di depan hukum.  Istilah gak enaknya, “Orang yang gak punya lisensi sama aja dukun. Dan pendapat dukun itu GAK LAKU..!!!”

Sayangnya jaminan kualitas pekerjaan dlm hal ini sertifikasi, kadang cuma dijadikan tameng untuk melindungi bidang profesi tertentu dari intervensi bidang lain.  Parahnya malah ada yg money oriented aja.  Istilah saya sih bagi2 lahan.. Karena buat saya yg terpenting dr suatu profesi gak cuma skill tapi jg integritas. .walaupun dlm tataran normatif yg namanya kompetensi seharusnya didalemnya gak cuma keahlian aja tp include integritas jg..tp kan faktanya gak semua gitu. .liat aja tuh guru2 yg pada ngejar sertifikasi, gak semuanya  punya integritas…upz kok malah curcol..hehehe.  Tapi nih ya, meski integritas penting, no offence yak..dalam konteks perawatan ortho ini saya tetep gak bisa terima tukang gigi, tekniker2 di pinggir jalan yg pasang.. selain mengerikan yg jelas gak fair aja bwt profesi dokter gigi yg udah sekolah sampe tua..hahaha!!

Jadi kesimpulannya secara legal formal dan sisi kompetensi sih, memang yg paling berhak ya dokter gigi spesialis orthodonti (Sp.Ort) dan/atau paling gak drg. PPDGS ortho di RSGM krn dia kerja di bawah pengawasan langsung drg Sp.Ort .  Logikanya memang yang paling jago dan lebih terjamin di drg. sp. Ortho krn dia gak cuma dapet teori tapi upgrade skill lebih lama di pendidikan spesialis.

Dokter gigi umum sebenernya jg memiliki kompetensi untuk rawat ortho.  Karena di keputusan konsil kedokteran tentang standar kompetensi dokter gigi pun tidak dipatok alatnya, apakah lepasan, behel, kawat, atau yg lain.  Batasan yang dipakai lebih pada kasusnya.  Kalo kasusnya berat amannya ya ke Sp. Ortho kalo ringan n’ sebatas maloklusi dental kayak saya ya bisa sama drg umum.  Drg. umum juga tau kok kalo kasusnya udah diluar kompetensinya pasti bakal di konsul ato di kasih rujukan ke spesialis.  Kecuali apes dapet dokter gigi abal-abal2, mata duitan dan udah lupa sumpah dokternya.  Itu sih derita loe!! Hahaha.. Saya sendiri pakai jasa dokter gigi umum lho..Pastinya dgn pertimbangan tertentu.  Dan pertimbangan saya mungkin agak nyleneh dan gak ada di pertimbangan2 yg udah saya sebutin sebelumnya..hahaha.

Untuk memastikan Anda gak jadi korban malpraktek dokter abal2 seenggaknya mesti tau prosedur standar tentang suatu perawatan.. Yupz jd pasien juga harus cerdas donk.  Seenggaknya tau gambaran umumnya dan kalo bisa cari second opinion tp artinya bukan ganti2 dokter lho.  Ini cuma sarana control pasien aja.  Inget, dokter bukan tuhan dan ente gak mau kan suatu saat kayak Prita..hehehe.

Prosedur/tahapan standar perawatan ortho dari pengalaman saya jadi pasien dan informasi lain adalah:

1. Rekam medik

Seperti halnya audit yg ada tahapan survey pendahuluan sama evaluasi SPM.  Di perawatan ortho ada jg yg namanya tahap rekam medis.  Tujuannya sama, untuk mendapat gambaran umum pasien dalam rangka rencana perawatan yg bakal dilakukan.  Pasien akan ditanya mulai dari identitas, riwayat medis misal ada alergi tertentu ato gak, penyakit tertentu yg pernah dialami, dan data2 lainnya. Trus dilakukan pemeriksaan objektif gigi geligi dan rongga mulut. Ada lubang ato karang gigi gak?  Ada kelainan2 lain ato gak.

2.  Pembuatan model kerja

Setelah data2 gambaran umum didapat, si dokter bakal ngejelasin ke pasien tentang rencana perawatan.  Nah kalo mau deal2an harga di awal situ tuh.  Trus kalau pasien setuju lanjut deh di pembuatan model kerja (duplikat rongga mulut+gigi2nya yg pake kayak gips itu lho) dan foto rontgen.

Model kerja dan foto rontgen (panoramik & cephalometri)dipakai untuk menganalisis berapa ukuran gigi dibandingkan dengan ruangan yang tersedia.   Ada perhitungannya sendiri, sehingga bisa disimpulkan apakah ada kelainan lain misal faktor skeletal/pertumbuhan tulang yang berpengaruh.  Perlu ada gigi yang dicabut ato gak..dst.  Saya gak tau gmn perhitungannya. Yang jelas tuh dokter udah kaya anak STM..ada pengaris2 segala di mejanya..wkwkkkwkk.k.

3. Pemasangan pesawat ortho

Kalo tahapan td udah selesai  baru deh tuh pesawat ortho dipasang ke gigi pasien. Masangnya mnrt mayoritas orang sih gak sakit.  Sakitnya setelah beberapa saat dipasang.  Gigi bakal berasa goyang dan sakit/gak kuat buat gigit2 tapi ini wajar krn kan giginya emang ketarik.  Sakitnya paling seminggu.  Tp menurut saya sih waktu masangnya malah yg menyiksa bgt.  Sampe berasa pengen nangis.. karena lumayan lama trus mulut disangga pake alat penahan biar gak pegel mangap..nah alat penahannya tuh yg bikin mulut sakit.  Kalo setelah dipasang emg sakit. Berasa goyang, pegel pula..wajarlah.  Kalo saya rasa sakit n pegelnya kemeng gak jelas cuma hari pertama dan itu teratasi dgn minum analgesik.  Nah berasa goyangnya sih sama, semingguan.  Trus krn pada dasarnya kawat gigi ini benda asing maka bakal ada adaptasi  mulai dari perasaan gak enak ngemut besi sampe sariawan seperti yang mayoritas orang alami.  Anehnya saya malah gak pake sariawan sama sekali lho..hohoho

4. Evaluasi

Yang perlu di diketahui, yg namanya perawatan ortho itu gak ada yg instan.  Prosedur standar mulai dari rekam medis sampe pemasangan jelas gak bisa selesai dalam kunjungan pertama aja.  Gak mungkin kan bikin model kerja trus kering jam itu jg.  Dan kalo ada dokter yg gak pake rontgen2an n gak bikin model kerja,  gila sakti banget.  Kamu mesti cari tau ni dokter beneran apa cenayang..wkwkkk..k.

Pasca pemasangan, pasien tetep harus kontrol secara terjadwal.  Gak bisa sim salabim gigi langsung rapi.  Awal pemasangan mungkin akan dipantau lebih sering biasanya tiap 2 minggu. Ntar lama-lama rentangnya bisa agak lama.  Tiga minggu ato maksimal 4 minggu sekali.  Kemajuan pergerakan gigi bakal diliat/dievaluasi trus juga apakah ntar perlu pake retainer setelah kawat dilepas ato gak. Tekanan pada gigi akan mulai berkurang setelah beberapa minggu jadi butuh aktivasi lagi tuh kawat. Dan Selamat!! Anda bakal mengalami déjà vu!! Artinya siksaan gigi goyang seperti awal masang kembali terulang..hohoho.  Selain aktivasi kawat diliat jg kalo ada kelainan patologis lain, muncul karang ato dental caries yg baru..krn setelah dipasang kawat gigi emang sikatan jd ritual yg ribet banget.

Trus gmn kalo si dokter udah sesuai prosedur tp hasilnya ancur, dan malah makin atret gak jelas..yah itu sih derita loe lg..dokter jg manusia.. Saya cuma bisa bilang.. Anda kurang beruntung..

Try again Next time, Gan!!! hahaha.

Comments
  1. mydamayanti says:

    prasaan gigi kamu baik2 aja,ci
    skarang pake kawat gigi ya?
    padahal aku pengen.gara2 baca tulisan kamu jadi takut nih

    • ice cream says:

      wah ceritane agak kompleks knp mutusin pake kawat gigi. Awalnya ke dr.gigi tuh cuma mau nambal kok. gak ada niatan pasang kawat gigi SAMA SEKALI. Gak ada huruf “K” “W” sama “T” di otak saya. Cuma en,a -NA m NAM, be a el..bal..NAMBAL..!! Itupun krn udah parah bgt.. Tau lah..saya gak suka dokter, saya gak bisa ngeliat orang kesakitan dan bau rumah sakit lama2 krn pasti bakal pingsan…
      Jd sminggu sblm ke drg. saya bener2 berkawan dgn google, cari referensi drg. yg gak serem, gak sakit, tempatnya gak putih yg ngingetin saya sama Rumah Sakit….tanya temen sana sini.. Saya gak peduli soal harga..terserah mau mahal mau nggak..saya gak mau tau..kl bisa drg. yg bisa sulapan..desperate bgt. Nah selama seminggu itu saya jd gak sengaja banyak baca tentang artikel2 kedokteran. Jd banyak baca kasus2 gigi jg. Kebiasaan2 buruk dan akibatnya. Sampe baca2 peraturan konsil dokter n standar kompetensi dokter gigi segala..wkakakaka.

      Ini dokter gigi ke-3 yg nyaranin untuk ngawat gigi. Jd saya lama2 jd jengah n mikir juga. Meskipun saya yakin kawat bkn sesuatu yg sifatnya emergency, alias cincai2 aja untuk saat ini..cuma open bite ini. FYI gigiku dulu baik2 aja..trus waktu turun dr gede-pangrango dulu itu kan sempet goyang atas bawah dan itu lamanya 2 minggu.. sakitnya gila2an.. kemeng, pusing, demam. Dan setelah itu deretan gigi saya yg bawah jd gak tau aturan..bubar jalan, istirahat di tempat dan selonjor kemana2..dan itu berulang waktu saya ada di puncak..gigi sakit lagi..pusiing..ganti posisi lg..goyang, bengkak,kemeng lg yg sesuatu bgt.

      Nah, setelah gigi yg lubang ditambal saya coba tuh gigit full eh kok berasa gak kontak sempurna..saya mikir mungkin kelamaan ngunyah satu sisinya. Trus ada jg kan gigiku yg dulu udah dicabut.. Nah pas mau pulang tanya2 deh..pokoknya si mbak dokter terus nyaranin saya pake kawat gigi. Jd setelah berpikir spontan..termasuk mempertimbangkan fakta kalo drg. saya bukan spesialis ortho..(byk pertimbangan lain jg..tp udah kpanjangan kl dijelasin disini hahaha) saya berpikir..WHY NOT. Insiden turun gunung yg bikin gigi berantakan, trus openbite, gigi berlubang yg bikin saya cuma bisa ngunyah satu sisi aja membuat saya berpikir. Saya mau ngebenerin gigi saya TOTAL..semua abis-abisan sekalian aja. Nyoba untuk membentuk “good dental minded” dari sekarang. Jadi ketika drg. ke-3 ini nyaranin kawat..I said YES..OK!! Sebelum mbak dokter. nerangin kl gigi kamu tuh gini lho ..bla..bla..bla..open bite bla..bla..bla..HAHAHAHAHA… Trus langsung scaling sama nyetak model rongga mulut deh.

      JADI TAKUTNYA DIMANA??? hahaha…Waktu mau pasang saya jg sempet maju mundur, pengen pulang n gak brani pasang lho tp ternyata gak sesakit dan semengerikan yg dibayangin kok.. malah sekarang setelah ke drg. ini saya jd berani bilang…SAYA TIDAK TAKUT DOKTER GIGI…!!! Berharap lama2 bisa bilang…saya tidak akan konyol lagi..tidak akan pingsan waktu njenguk orang di rumah sakit!! wakakakaka..

Leave a comment