GIGI.. LOE….ATREEEEE..ETT..!!! (Part 2a)

Posted: September 14, 2011 in health & medical

“Tarif Dokter Gigi dan Perawatan Orthodonti – patient’s  point of view”

Terinspirasi dari sekuel dialog tulisan sebelumnya dan berhubung tahun 2011 ini bulan September dicanangkan sebagai “Bulan  Kesehatan Gigi Nasional” saya jd pengen nulis tentang gigi.  Dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional rencananya bakal diadain kegiatan promosi kesehatan gigi, pemeriksaan gigi dan pengobatan gigi gratis di 14 FKG dan 6 cabang PDGI di Indonesia lho..  MANTAP!! Paling suka deh sama yg gratisan.. buat yg hunting gratisan bisa liat jadwal gratisan di kota masing-masing di sini.  Buat yang di Jogja ada di FKG UGM tgl 15 – 17 September 2011.

Kalo tadi yang gratis enaknya saya bahas yang berbayar saja.  Baru-baru ini saya lagi rajin ke dokter gigi.  Banyak orang yang tanya soal ongkos yang saya keluarkan buat perawatan gigi kemudian membanding-bandingkan sama tarif dokter gigi lain. Padahal setau saya, sebenernya gak ada tarif baku untuk masing2 jenis perawatan di bisnis ini.  In My Sotoy Opinion, pasien mestinya lebih fair dalam menilai apakah tarif yg ditawarkan wajar ato gak dgn tidak hanya hanya melihat dr sisi bilangan rupiahnya saja.

Saya tidak punya kompetensi di bidang medis. Background pendidikan saya ekonomi.  Jd saya akan bicara pake logika akuntansi saja dgn sedikit pengetahuan IPA yg saya dapet sampe kelas 3 SMU ditambah pengalaman menjadi pasien..hahaha.  Banyak faktor yg menentukan harga.  Bicara tentang jual beli jasa maka bicara tentang apa yg dibeli, siapa yang ngejual , dimana kita beli dan mungkin perlakuan pasca transaksinya.  Dalam kasus saya adalah tarif perawatan orthodonti alias istilah gak enaknya beberes ngerapihin gigi.

WHAT…??  Kalo Anda anak ekonomi atau suka investasi  dan spekulasi pasti gak asing dgn istilah “high risk high return”..nah kl di jasa medis mungkin “high risk high cost” yah!! Makin tinggi tingkat kesulitan, makin parah kondisi pasien, makin tinggi resikonya.  Pastinya harga yg musti dibayar jg lebih tinggi.  Ongkos yg saya keluarkan pasti gak sama dengan si X temen saya ini. Penanganan gigi saya yg cuma ditingkat kelainan dental pasti beda sama yang plus2 kelainan skeletalnya dia. Saya yg keturunan manusia ,mutlak beda sama setengah ikan yg giginya berjejal kemana-mana , crowded dan mungkin perlu beberapa  ekstraksi, distriping -slicing2 segala.

Bicara tentang “APA” gak cuma bicara penanganan apa sih yg dilakukan.  Tapi termasuk bahan/produk apa yg digunakan, alat apa yg dipakai, dan fasilitas apa yang diberikan.  Braches metal beda harganya dengan yang transparan, yang konvensional tidak sama juga dgn yang pake damon system ato pake invisalign. Beda merk jg beda harga meski sebenernya teknik yg dipakai untuk semua itu pada prinsipnya sama. Harga yang dibayar pasien untuk ruangan praktek yang biasa2 saja tidak sama dengan yg dilengkapi peralatan utama yang berkualitas dan fasilitas dukungan yang lebih oke. Peralatan utama misalnya kursi pasien sampe yang kecil2 seperti tang yang dipakai.  Jangan salah lho.. berbeda pabrikan aja beda harga.  Makanya kata si dosen auditing, salah satu titik rawan korupsi di kementerian kesehatan adalah procurrement alkes alias pengadaan  alat2 kesehatan dan itu sering banget..tapi biasanya yg gede2 sih..ngapain korup tang..untuk tingkat kementerian mungkin rugi bandar..brapa tang coba?? Tp kl untuk kelas klinik pribadi jd material dunk..hehehe.  Nah kalo fasilitas pendukung misalnya ruang tunggu yg nyaman, kamera intra oral plus layar monitornya, dll pokoknya semua yang sebenernya gak bakal ngerubah kualitas/hasil kerja si dokter.

WHO..?? Faktor reputasi , pengalaman dan senioritas jg ngaruh disini. Meski kadang reputasi sebenernya suka dibiaskan dgn penilaian subjektif, testimonial  pribadi dari mulut ke mulut.  Dokter gigi yang udah pengalaman sekian puluh tahun beda sama yg baru aja buka klinik. Selain itu siapa dan bagaimana kompetensi si dokter gigi jg ngaruh banget.  Dokter spesialis tarifnya bisa 2x lipet dr dokter gigi biasa (umum). Banyak spesialisasi di urusan gigi. Ada orthodentis, prostodontist, konservasi gigi, bedah mulut..macem2 lah.  Saya gak tau byk ttg macem2nya. Yang jelas tarif yg dibandrol akan lebih mahal kalo di spesialis. Ya iyalah sekolahnya lebih lama..

WHERE?? Yupz dimana??Dalam dunia marketing unsur “place” jelas menentukan.  Kata org posisi menentukan prestasi.  Klinik di daerah elit ato tempatnya strategis dan mudah dijangkau beda sama yang di daerah pinggiran biasa.

Jadi dengan pertimbangan beberapa  faktor2 tadi berapa sih patokan yg wajar untuk tarif dokter gigi bwt perawatan orthodonti? Dari hasil iseng2  survey saya sih hasilnya:

1. Drg. Umum dia maen  dgn starting price mulai Rp3,5jt…

2. Drg. PPDGS ortho di RSGM  mulai Rp3,5jt-4jt..

3. Drg. Sp. Ort paling murah mulai Rp5jt.

Semuanya itu cuma buat masang aja. Tidak termasuk biaya tahap persiapan kayak rontgen (Rp200rb), scaling (bersihin karang gigi), bikin model/duplikat rongga mulut yg pake kaya gip itu dan biaya kontrol paska pemasangan. Hasil survey biaya kontrol sih rata-rata mulai di harga Rp50ribu-Rp175 ribu-an.  Ada juga sih yg sampe Rp200rb-Rp300rb (kalo ini saya anggap mahal krn rentangnya udah jauh bgt).

Starting price artinya biaya untuk perawatan dgn tingkat kesulitan paling rendah dgn produk yg dipakai adalah standar (kl bracket ya yg metal & konvensional).  Jadi kalo Anda dapet harga nge-atretin gigi di rasio harga sekitar itu saya rasa masih wajar dan tidak bisa dikatakan mahal.  In my sotoy opinion lagi nih, buat apa ngeluarin dana banyak-banyak hanya krn korban iklan produk tertentu kalo hasil yg bakal dicapai sama?! Konyol  aja!!

….>>>>to be continued…part 2b

Leave a comment